trek-kawah-papandayan

Gunung papandayan, yess pada kesempatan kali keberapa ini, kami berkesempatan menyambangi salah satu gunung terbaik di garut ini. Tepatnya pada tanggal 11 april 2015 sejumlah 12 muda mudi berhasil menapakkan kaki di gunung papandayan. 

gunung papandayan

Kampung rambutan, perjalanan dimulai dengan berkumpulnya kami kami ini di kampung rambutan, yang kemudian akan menumpangi bus umum tujuan jakarta garut. Alun alun alfamart yang terletak tepat sebelum pintu masuk terminal bus antar kota antar provinsi menjadi tempat singgah yang menyenangkan bagi kami, dan tepat pukul 21.59.35 detik kami berkumpul semua dan menaiki bus yang masih rada kosong. Perjalanan ke garut pun dimulai.

jangan sampai ketinggalan : Dieng Culture Festival ke 7

DSCN4314

Kota garut, kami menyambangi nya di malam hari ketika kebanyakan orang sudah terlelap, pun dengan kami yang sayup sayup tidur ayam di dalam bis. Kota yang cantik nampak pada malam hari ini menyuguhkan ketenangan nya sendiri.

Terminal guntur, tiba di terminal ini dalam kondisi fisik yang ngantuk ngantuk manja, kami harus mengeluarkan keril keril kami yang sangat berat (tapi gak seberat beban hidup) untuk kemudian memindahkan nya ke angkot yang akan kami tumpaki hingga cisurupan. Nampak di terminal ini ramai dengan orang orang yang membawa keril, mungkin mereka para pendaki, dan mungkin mereka ingin ke gunung, mungkin juga mereka mau ke papandayan, gak ada yang gak mungkin, mungkin. 

Cisurupan, sebuah titik singgah ketiga kami (1. kp rambut 2.term guntur) dimana kami akan ber istirahat dan melaksanakan shalat subuh, dilanjutkan mengisi perut dengan se tenggak nasi dan seutas tempe. Kegiatan berikutnya di pagi yang dari tempat kita sangat jelas terlihat gunung cikuray yang bentuknya kerucut (lupa rumus volume kerucut apaan) kita harus mengisi logistik pendakian yang ternyata di pagi buta itu sudah nampak alfamart yang membuka diri nya pada pukul 6 pagi. setelah melengkapi logistik, kami bergegas menumpaki kendaraan berikutnya yakni se onggok pick up terbuka kapasitas 15 orang. Perjalanan pagi yang penuh dingin dan cahaya matahari perlahan menyongsong kegelapan yang sebelumnya ada di depan kami, sekarang berganti terang. Seiring itu, semangat pun semakin meningkat. Papandayan, kami padamu.

IMG-20150412-WA0021

Camp david, tempat yang dulu itu masih keren banget karena ada warung warung yang tertata rapih membentuk segi empat sebelum jalur pendakian papandayan dimulai. Nyatanya sekarang tempat itu berubah, warung warung tersebut terkena dampak konflik yang harus merelakan dirinya terbakar api dan yang tersisa hanya tulang belulang berwarna hitam dari warung tersebut. well, apapun yang terjadi dengan camp david, kami memulai pendakian dari mari, dan kami memulainya dengan briefing terlebih dahulu kemudian ditutup doa sebelum pendakian. “papandayan – apalah apalah.

DSCN4295

Trek kawah, lepas beberapa saat dari camp david kami harus merasakan tajamnya bebatuan yang menjadi trek pertama kami, kemudian dilanjutkan dengan keindahan panorama bekas jalanan lava papandayan, dan nampak masih ada semburan semburan gas di sana sini, dan itu keren banget (kalo gak ngenain banget kita yah).

DSCN4345

Pondok saladah, selang beberapa jam pendakian kami akhirnya memasuki ground camp papandayan, thats is pondok saladah, tempat yang mungkin banyak cinta bersemi di dalamnya. Iya, karena camp itu rame pake banget, gak nahan. Disini kamu bisa nyari spot spot buat menancapkan tenda kamu, sebisa mungkin dekat dengan sumber air (biar kamu bisa bilang sumber air sudekat). dimari, kamu gak usah khawatir gak nemu kafece atau donkin, dimari ada warung maz, mba, ada pedagang cilok pula, doi merupakan pedagang cilok ter enak di dunia. Warung warung disana ada 6 biji, yang di tiap warung berisikan popmie, gorengan, rokok dan air minum. Pendakian ini semakin rasa rasa camping ceria ala anak sma yang lagi pramuka pramuka an. 

DSCN4358

Hutan mati, kamu bakal takjub se takjub nya kalau memasuki area ini. gimana kagak, kamu bakal memasuki area dimana kayuk kayu yang sudah terbakar habis itu, dan sudah gosong, nyatanya mereka tetep kokoh berdiri disana, entah apa yang terjadi sama mereka. tempat ini cocok buat kamu kamu yang mau foto pre wedding . . .sama mantan kamu. 

DSCN4376

Tegal alun, oyah tadi pas ke hutan mati kita maen nya di pagi hari yah di hari minggu nya, nah selang beberapa menit kita menikmati sunrise di hutan mati, kita beranjak ke atas, menapaki sejengkal jalan jalan yang kali ini kita ngambil trek yang paling susah dengan kemiringan mencapai 74,33 derajat celcius. well, trek ini disambut gembira oleh teman teman yang lain, nampak senyum yang mengkerut sepanjang perjalanan menandakan kebahagiaan mereka, sungguh perjalanan yang sangat menyenangkan. selang beberapa menit perjalan, tibalah kami memasuki area ladang edelweis, yang kami kira tadinya itu yang disebut tegal alun, ternyata . .benar itu tegal alun :)) sumringah beriring kebanggaan merembet di detuk jantung kami dan aliran darah ini. nampak tempat itu sangat super mengesankan dibanding kan tempat dimana kamu diputusin mantan, tempat ini better. kamu bisa poto poto ala ala anak instagram dan pake tulisan tulisan pesan pesan gitu, oyah ada beberapa pesan tulisan yang bisa kamu buat dimari diantaranya : “kita temenan ajah yah” ; “coba kamu ikut” ; “kamu pembohong” “kamu penjahat” “kamu tega sama aku” “kamu manusia paling kejam” – loh lama lama curhad inisih, (parah lo min).

DSCN4436

well, tegal alun menjadi bagian terakhir perjalanan wisata kami di papandayan, kami senang akan semua hal tersebut. perjalanan kami masih akan sangat panjang, masih banyak gunung gunung yang akan kami daki, masih banyak perairan perairan yang akan kami selami, karena kami – #ngetripmulu