Berwisata itu tak lepas dari makanan, karena saat berwisata juga butuh energi. Tapi saat ini makanan telah menjadi tujuan wisata tersendiri. Makanan yang enak, tentu akan menarik minat wisatawan untuk kembali mencarinya. Di sekitaran Kuta banyak tempat makan yang lezat dan sangat pantas menjadi tujuan wisatawan berburu kuliner.

Untuk menambah kenyamanan liburan Anda sebaiknya kunjungi website ini untuk memesan tempat menginap di Kuta Central Park Hotel. Hotel bintang empat ini cukup strategis. Berada di Jalan Patih Jelantik, Kuta, memiliki akses yang mudah dengan beberapa obyek wisata andalan Bali, seperti Istana Kuta Galeria, Kendra Gallery dsb. Sekitaran hotel ini juga banyak sekali kuliner enak yang wajib cicipi.

Menu yang pertama adalah Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Sangat dekat dari Kuta Central Park Hotel. Berjarak sekitar 400 meteran dari hotel, jalan kaki 5 menit sudah sampai. Tepatnya berada di Jalan Raya Kuta, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Di restoran ini tersedia berbagai macam menu khas bali seperti sop ares bebek- sop yang terbuat dari batang pisang dengan suiran daging bebek. Sangat unik dan otentik masakan Bali. Ada juga sate lilit, sate khasnya Bali yang terbuat dari daging ayam cincang dengan bumbu-bumbu, kemudian dikepalkan pada tusuk sate lalu dibakar. Lalu ada lawar ayam berupa suiran ayam dan nangka muda. Serta plecing kangkung dengan kacang tanah dan bumbu pedasnya.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Sumber : blognyamitra.wordpress.com
Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Sumber : blognyamitra.wordpress.com

Tapi yang paling juara dari restoran ini adalah ayam betutunya yang memang jagoan. Menggunakan bahan ayam kampung yang direbus bersama bumbu-bumbu hingga bumbu meresap dan ayam lunak. Dagingnya benar-benar lunak dan mudah dilepaskan dari tulangnya. Rasanya juicy dan terbumbui dengan baik. Sangat sesuai untuk dijadikan menu andalan. Dan yang paling penting adalah menu disini dijamin halal, tak menggunakan bahan darah dan daging babi.

Pindah tempat makan lagi yuk. Kali ini ke The Halal Boys, bukan tempat baru ada di Bali. Jaraknya sekitar tujuh kilometer. The Halal Boys merupakan street food yang hampir serupa dengan street food terkenal di Kota Newyork, di sana ada the Halal Guys. Dengan menu yang hampir sama, nasi basmati yang dibumbui ala masakan arab, berwarna kuning.

The Halal Boys. Sumber : thehalalboys.com
The Halal Boys. Sumber : thehalalboys.com

Nasi di taburi daging. Ada pilihan daging ayam, atau daging domba. Atau nasi ditaburi daging dua-duanya. Separuh daging ayam dan separuh daging domba. Pelengkapnya berupa potongan pita bread empuk dan selada lettuce yang renyah. Nasi lalu di bubuhi saus putih dan saus merah yang pedas. Mereka merahasiakan resep dari kedua saus itu, karena saus itu merupakan “kunci” dari kelezatan total.

Lalu ada Bale Udang Mang Engking. Memang, di sini menunya adalah menu Sunda. Tapi sayang untuk dilewatkan bila kita bersantap disini. Selain makanannya enak, ambiance-nya menyenangkan ala-ala dangau tepi danau di desa, berjarak sekitar 2 kilometeran dari Kuta Central Park Hotel.

Salah satu menu di Bale Udang Mang Engking, hurang ageung. Sumber : baleudang.com
Salah satu menu di Bale Udang Mang Engking, hurang ageung. Sumber : baleudang.com

Menu-menunya yang menjadi andalan adalah udang-udangan. Penyajiannya antara lain udang dibakar dengan saus madu, udang yang disup yang penyajiannya unik karena mangkuknya dari kelapa muda. Ada juga udang yang digoreng, dikukus, ditumis saus padang, saus coriander dan sebagainya.

Selain menu andalan berupa udang-udangan, disini juga tersedia menu lain berbahan dasar ikan gurami baik yang di goreng dengan lumuran saus asam manis, digoreng terbang, dibakar madu dan lain-lain. Menu cumi-cumi adalah bakar madu, cumi goreng tepung, cumi saus padang, dan lainnya.

Menu sapinya beragam, ada iga bakar barbeque, empal penyet, rawon sapi, rendang dan sop buntut. Menu ayamnya juga spesial, ayam bekakak ala sunda, ayam kintamani, ayam bakar sambal matah, dan ayam serundeng.

Selain orak arik buah parai, karedok, balado terong, juga tersedia tumisan sayur kangkung dengan varian tumis terasi, tumis kangkung gurih. Dan tentu saja menu plecing kangkung tak boleh ketinggalan.

Di Bale Udang Mang Engking ini juga ada menu snack yang variannya antara lain lumpia udang, bakwan jagung, jamur goreng crispy, kentang goreng, kulit kentang balur panir yang gurih. Jangan lupa tahu dan tempe gorengnya.

Pilihan nasi juga ada nasi putih, nasi merah, nasi goreng beraneka ragam. Di Bale Udang Mang Engking ini ada gelaran pertunjukan tarian tradisional di malam hari. Biasanya tari tradisional Bali.

3 varian pie susu. Sumber : piesusuaslienaaak.com
3 varian pie susu. Sumber : piesusuaslienaaak.com

Dan ke Bali tanpa membawa oleh-oleh khas Bali rasanya sangat kurang pas. Dan kue yang sepertinya telah menjadi signature Bali adalah Pie Susu Bali Asli Enaaak. Lokasinya cukup dekat, hanya 400 meter saja dari hotel. Tepatnya di Jalan Dewi Sri VIII Blok B No. 8, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Ada tiga varian yang bisa dibawa pulang yaitu original, coklat, dan keju.

So, let’s go to Bali!